Minggu, 15 Maret 2015

Klinik

klinik 


Kesempatan kali ini kita akan membuat artikel klinik. Klinik dapat menyembuh kan penyakit – penyakit umum seperti Asma, Alergi, tungau debu dan penyakit umum yang lainnya dan klinik buka setiap hari atau 24 jam. Langsung saja ke penjelasan yang lebih dtail lagi


Klinik adalah Fasilitas – fasilitas pelayanan kesehatan yang sering menyelengarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medi spesialistik dan/atau dasar. Di laksanakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kerja kesehatan  atau perawatan dan nidan. Dan di pimpin oleh seorang tenaga medis seperti dokter, dokter gigi atau bisa juga dokter gigi spesialis dan dokter spesialis.


Jenis – jenis pelayanan kerja kesehatan di bagi menjadi 2 yaitu klini yang pertam dan kelinik utama. Ke 2 macam klinik ini juga dapat di selenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah atau bisa juga masyarakat.


Jenis pelayanan di bagi menjadi 2 macam yaitu


  1. Klinik pertama adalah klinik yang di lakukan oleh tenaga kerja kesehatan yang pelayanannya medik dasar.

  2. Klinik utama adalah Klinik yang di laksanakan oleh tenaga kerja kesehatan yang pelayanannya spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialistik.

Sifat pelayanan kesehatan yang di laksanakan bisa berupa one day care, rawat inap, rawat jalan dan/atau home care.


Syarat – Syarat membuat Klinik


Bangunan dan ruangan klinik paling sedik seperti berikut


  1. Ruang tunggu dan ruang pendaftaran

  2. Ruang khusus dokter atau ruang konsultasi dokter

  3. Ruang keuangan atuu ruang administrasi

  4. Ruang praktek atau ruang tindakan

  5. Ruang farmasi

  6. Wc atau kamar mandi

Proferti atau prasaranan klinik meliputi :


  1. Air

  2. Listrik

  3. Sirkulasi udara

  4. Tempat pengelolaan limbah

  5. Penanggulangan kebakaran dan pencegah

  6. Mobil ambulans, untuk klinik yang menyediakan rawat inap

  7. Saranan lainnya sesuai kebutuhan kliniknya.

Selain syarat – syarat itu juga, klinik harus di lengkapi dengan peralatan medis dan nonmedis yang memadai sesuai dengan jenis – jenis pelayanan yang di berikan syarat peralatan – peralatan tersebut.


  1. Memenuhi keamanan yang ringgi, standar mutu dan keselamatan

  2. Mempunyai izin edar

  3. Harus diuji dan di kalibrasi secara berkala oleh balai pengamanan fasilitas kesehatan dan institusi penguji dan pengkalibrasi yang berwenang.

PIMPINAN Klinik pertama


Pemimpin klinik yang pertama adalah pemimpin yang bisa mengatur tenaga kerja kesehatan secara pintar dan harus seorang dokter atau dokter gigi.


KLINIK UTAMA


  1. Tenaga kesehatan atau medis pada Klinik Utama harus atau minimal terdiri dari 1 orang

dokter spesialis dari masing – masing spesialisasi sesuai jenis pelayanan


yang diberikan.


  1. Klinik Utama juga dapat mempekerjakan dokter atau dokter lainnya

Sebagai tenaga kerja pelaksanaan klinik.


SURAT IZIN PRAKTIK


  1. Setiap tenaga medis yang bekerja di klinik harus memiliki Surat Registrasi dan Surat Izin Praktik atau SIP sesuai peraturan perundang-undangan.

  2. Setiap tenaga kesehatan lainnya yang bekerja di klinik harus mempunyai  Surat Izin sebagai tanda registrasi/Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Kerja atau SIK atau Surat Izin Praktik Apoteker atau SIPA sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan pada uud No. 28 Tahun 2011 salah satu persyaratan izin mendirikan dan menyelenggarakan klinik harus melampirkan Dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan atau UKL dan Upaya Pemantauan Lingkungan atau UPL ; Karena Klinik merupakan suatu usaha dan kegiatan yang spesifik yang menimbulkan dampak terhadap lingkungan sekitar. Setiap semuah Klinik menghasilkan limbah – limbah medis dan non medis baik dalam bentuk padat maupun cair. Oelh karena itu Dinas Kesehatan akan mengadakan Pertemuan antara Pemilik Sarana Kesehatan Swasta dengan PT Tenang Jaya Sejahtera untuk bisa  melakukan Perajnjian Kerjasama dalam rangka Pembuangan Limbah Medis.  .


Apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon berikan komentar di bawah ini:


apabila anda sedang mencari klinik di bandung silahkan klik: klinik di bandung , atau apabila anda ingin memasukkan klinik anda ke direktori kami


Incoming search keyword:


klinik di bandung

klinik kecantikan di bandung

klinik aborsi di bandung

klinik bersalin di bandung

klinik gigi di bandung

klinik akupuntur di bandung

klinik mata di bandung

klinik wasir di bandung



Klinik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar