Sabtu, 14 Maret 2015

serba serbi apotek

Mungkin sebagian orang pasti mengalami yang rasa nya sakit oleh karena itu pasti dokter menyarankan membeli obat ke apotek di apotek ini lah kita bisa membeli berbagai macam obat yang kita butuh kan. Tapi sebagian juga apotek ada yang buka on time 24 jam ada juga yang di batas.


Selan itu juga apotek menjadi salah satu tempat untuk pembelian obat, tak jarang ada orang yang membeli obat-obatan ke apotek. Obat-obatan yang berada di apotek berkwalitas sangat baik dan tinggi, berbeda hal nya dengan obat-obatan yang berada di warung.


Perbedaan nya adalah jika obat-obatan yang berada di apotek maka obat-obatan nya di jaga oleh seorang apoteker yang tentu saja bisa menjaga dan tahu tentang banyak obat-obatan tersebut dan sedangkan yang di warung otomatis obat-obatan tidak di jaga dengan baik karena orang yang menjaga warung belum tentu tahu banyak tentang obat-obatan.


 Ingin lebih tahu tentang apotek ? langsung saja simak artikel berikut ini


Apotek


Apotek dan Apoteker


Apotek berasal dari bahasa Belanda Apotheek yang berarti temapat menjual dan tampat untuk meracik obat orang yang biasa bekerja di apotek sering disebut Apoteker . Kalimat ini juga berasal dari bahasa yunani Apotheca yang berarti “penyimpanan”.


Ada juga pengertian apotek menurut Kepala Mentri Kesehatan (Kepmenkes) No. 1332/MENKES/SK/X/2002 menyebutkan bahwa “apotek adalah suatu tempat tertentu , tempat yang dilakukan oleh profesi kefarmasian dan panyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat”. Orang yang berprofesi di bidang apotek sering di sebut apoteker. Apoteker ini adalah sarjana farmasi yang telah lulus  dalam  pendidikan profesi farmasi karena jika tidak lulus dalam pendidikan maka tidak akan menjadi seorang apoteker.


Seorang apoteker tentu saja harus sangat teliti dalam mengurus masalah obat-obatan dan tidak boleh salah sama sekali dalam mengelolo obat, terutama jika salah memberikan obat terhadap pasien, maka dari itu seorang apoteker harus benar-benar lulus dalam mengikuti pandidikan.


 Pengelolaan Obat


  1. Pengadaan

Apotek menggunakan system pemesanan obat yang datang langsung keapotek atau bisa juga menghubungi melalui alat komunikasi seperti pesawat telepon menguji pengadaan barang. Masalah yang sering di hadapi oleh apotek adalah sering terjadi keterlambatan dalam pengiriman obat, hal ini bisa di sebabkan oleh kekosongan pabrik.


Maka jangan heran jika anda membeli obat ke apotek kemudian stok nya sedang habis, itu berarti belum ada kiriman dari pabrik nya. Dalam mengatasi hal ini bisa dikakukan dengan cara memesan obat di jauh-jauh hari agar tidak menunggu obat tersebut kosong.


  1. Penyimpanan

Seorang apoteker harus pandai dalam menyimpan obat, dalam penyimpanan obat ini obat  harus tersusun dengan rapi dan tidak boleh berantakan harus sesuai dengan jenis obat, abjad dan harus di sesuaikan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan obat


  • Golongan Obat

Dalam penyimpanan obat harus berdasar kan dengan golongan obat, seperti obat bebas, obat keras dan obat narkotik. Tidak selamanya obat itu aman di konsumsi, karena sebagian obat terdapat obat keras. Oleh karena itu hal ini bagian penting juga dalam penyimpanan obat.


  • Abjad

Selian golongan obat yang harus di perhatikan ada juga hal lain yang harus di perhatikan oleh seorang apoteker yaitu dalam menyimpan obat harus dalam keadaan tersusun dan sesuai dengan abjad.


  • Bentuk Sediaan

Penyimpanan obat selain di susun dari abjad , seorang apoteker juga harus berdasarkan bentuk sediaannya seperti obat jenis sirup, obat jenis kaplet, obat jenis kaspul dan jenis obat lainnya


  • Suhu

Suhu juga dapat mempengaruhi dalam obat. Penyimpanan obat berdasarkan suhu nya hal ini agar obat tidak ruksak contoh nya seperti insulin di simpan dalam lemari es hal ini agar tidak meruksak bentuk dan khasiat dalam obat.


  1. Penyaluran

Penyaluran obat dapat di bagi menjadi dua cara diantaranya :


  • Resep

Resep yang di layani ada 2 bagian yaitu resep dengan menggunakan ASKES dan resep yang tidak menggunakan ASKES


  • Non Resep

Pembelian dengan tidak menggunakan resep atau non resep atau penjualan obat bebas.  Masalah yang sering di hadapi dengan tidak memakai resep dokter atau petunjuk dokter maka penyaluran tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku


Nah, itu penjelasan tentang apotek dari ane ^_^ . Mungkin sekian dari ane, semoga bermanfaat


kalau ada kesalahan mohon dibenarkan dengan memberikan komentar di bawah ini,

dan silahkan klik apotek di bandung apabila anda sedang mencari apotek di bandung atau ingin memasukkan apotek anda ke direktori kami




serba serbi apotek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar