Selasa, 17 Maret 2015

 Tips-tips Bersalin

Setelah lama ibu mengandung sang buah hati sekitar sembilan bulan lamanya tentu saja sebagai ibu akan mengalami proses melahirkan. Proses ini sangatlah sulit bagi sang ibu karena tidak semua ibu hamil di seluruh dunia ketika melahirkan nyawa sang ibu selamat, ada juga yang setelah melahirkan sang ibu nyawa nya tidak terselamatkan. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi sang ibu. Ada juga yang bayinya telah lahir tetapi banyinya langsung meninggal.


Untuk itu proses melahirkan sangatlah amat sulit apalagi bagi sang ibu yang hendak melahirkan tentu saja nyawa adalah menjadi salah satu taruhan nya. Melahirkan adalah salah satu proses untuk mengeluarkan sang buah hati yang telah di kandung di dalam rahim ibu.


 Jika anda khususnya ibu hamil, kami akan memberikan tips-tips hendak melakukan proses persalinan buah hati anda. Langsung simak  Tips-tips Bersalin berikut ini !


Aktif Bergerak


Aktif bergerak ini adalah salah satu upaya untuk melancarkan proses bersalin, aktif bergerak ini bukan berarti sang ibu harus banyak bergerak sampai kecapean justru hal itu sangat salah. Aktif bergerak ini dalap memicu janin sehingga janin dapat terdorong ke jalan lahir dengan posisi Optimal Fetal Positioning .


            Posisi yang tepat saat akan melakukan proses bersalin adalah posisi wajah janin menghadap kea rah pantat saat kepalanya telah berada di jalan lahir. Kepala janin yang hendak keluar biasanya kepala janin  memiliki ukuran diameter rata-rata 9,5 cm masuk ke dalam jalan lahir sehingga berdiameter sekitar 11,5 cm secara benar.


 Kenali Kehamilan


Banyak riset yang membuktikan bahwa semakin luas dan wawasan pengetahuan sang ibu hamil tentang kondisi kehamilannya serta tahapan proses persalinan yang di jalani nya maka rasa takut menjadi berkurang.


Kondisi tenang ibu hamil dapat membuat otot-otot tubuh dan pinggul menjadi kendur dan semakin efektif pada saat sang ibu mendorong janin keluar melalui jalan lahir. Oleh karena itu bagi ibu-ibu hamil yang hendak melahirkan jangan merasa takut da tegang hal itu karena akan membuat otot-otot tubuh dan pinggul nya kencang.


 Berikan Rasa Nyaman


Coba anda akrabkan diri dengan lingkungan rumah sakit utuk mengurangi rasa tegang dan takut. Cobalah anda berjalan-jalan di sekitar rumah sakit agar anda nyaman akan mencegah produksi hormon adrenalin yang biasanya keluar dalam tubuh saat ketakutan atau tegang.


Jika tubuh anda menghasilkan hormone adrenalin maka otot-otot tubuh akan tegang sehingga menyulitkan janin anda untuk keluar serta membuat proses persalinan jadi menyakitkan


Pernapasan


Jika anda hendak melakukan proses persalinan maka anda harus bisa mengatur nafas. Atur nafas dan bernafas dalam maka akan makin banyak oksigen yang dapat di hirup dan di alirkan ke seluruh tubuh termasuk sel otot-otot rahim sehingga mendorong janin ke luar dari jalan janin


Sering Berjalan


Sering-sering lah anda berjalan-jalan karena dengan berjalan, berdiri atau duduk tegak karena dengan anda bergerak maka gravitasi bumi akan menarik ke bawah kepala janin yang sudah berada di jalan lahir sehingga akan semakin mendekati mulut rahim


Nikmati Pijatan


Selain tips-tips sebelum nya ada lagi tips-tips lainnya, yaitu dengan menikmati pijatan sang suami. Hal ini dilakukan karena akan membuat rasa nyaman dan lebih tenang serta siap menghadapi persalinan. Pijatan dan rangsangan yang dihasilkan rasa mencapai otak lebih cepat di bandingkan rasa sakit .


Hasilnya rasa nyaman akan mengalahkan rasa sakit sehingga akan mengalami sedikit rasa sakit.


Alihkan Rasa Sakit


Seorang ibu hamil yang hendak akan melahirkan pasti memiliki fikiran yang negatif , karena di fikiran nya ketika melahirkan akan terasa sakit apalagi bagi ibu hamil yang baru pertama melahirkan.


Coba anda alihkan rasa sakit anda dengan cara memnonton film favorit bisa untuk mengalihkan rasa sakit anda atau anda coba putar lagu-lagu yang dapat membantu anda menemangkan fikiran.


Nah mungkin segitu tips-tips dari ane. Ingat ! sebelum anda melakukan proses kelahiran saya harap anda berdo’a terlebih dahulu dan jangan berfikir yang negatif.


Terimakasih atas perhatiannya.


Semoga bermanfaat ^_^



 Tips-tips Bersalin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar